Sabtu, 22 Oktober 2016

Pengertian ,fungsi VGA,DVI,dan HDMI

VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.

1.  Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit
2.  Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O
3.  Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O
4.  Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O
5.  Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s
Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal, demikianlah ilmu pengetahuan tentang Pengertian VGA Dan Fungsi VGA Komputer

Fungsi Kabel VGA Dan Kabel HDMI Vs Kabel DVI Pada Komputer 
Fungsi Kabel VGA Dan Kabel HDMI Vs Kabel DVI Pada Komputer ~ Penggunaan kabel baik VGA, HDMI dan DVI sangat penting bagi teknologi komputer. Perangkat keras yang satu ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal video dari komputer ke monitor atau screen yang kita gunakan sehingga dapat kita lihat.
Dibawah ini akan kita ulas fungsi kabel VGA, HDMI dan DVI pada komputer.

1# Kabel VGA
Video Graphics Array atau disingkat VGA merupakan kabel yang berfungsi sebagai konektor yang membawa sinyal video analog hasil pengolahan data komputer ke monitor sehingga dapat kita lihat.
Jenis kabel VGA merupakan kabel konektor yang paling sering kita temui pada komputerPC. Pemakaian kabel VGA banyak digunkan pada monitor lama yang masih menggunakan teknologi CRT atau lebih dikenal dengan monitor tabung.
Konektor VGA yang paling umum digunakan adalah menggunakan 15 pin, berikut gambar kabel VGA komputer.

Kabel VGA tersebut terpasang di bagian belakang CPU komputer, terhubung dari port komputer ke port monitor, berikut gambar dari port kabel vga komputer.

Pemasangan kabel VGA sangatlah mudah anda tinggal mencolokkan kabel VGA ke port komputer, dan ujung lainnya juga di hubungkan ke port monitor yang digunakan. Penggunaan port VGA tidak saja hanya digunakan di komputer PC dan monitor komputer tapi seringkali kita temukan juga di perangkat seperti proyektor dan TV.

2# Kabel DVI

Digital Video Interface atau disingkat DVI merupakan kabel konektor yang umum digunakan untuk saat ini, dari nama tersebut mungkin anda sudah dapat menebak bukan? Kabel DVI dinilai lebih baik dari kabel VGA karena terbukti mampu mengurangi noise video saat melakukan konversi analog atau digital.
Kabel DVI menggunakan 24 pin yang mampu mensupport analog dan juga digiatal video. DVI juga mampu menstream sampai 1920A-1200 HD video, atau dengan konektor dual-link DVI anda bisa mensupport sampai 2560-1600 pixel.
Berikut gambar kabel DVI  yang sering digunakan di perangkat komputer.

Pemasangan kabel DVI juga sangalah mudah anda tinggal mencolokkan kabel DVI tersebut ke port komputer dan menghubungkannya ke port monitor yang digunakan. Pemakaian kabel DVI banyak digunakan pada monitor LCD. Berikut gambar dari port DVI komputer.


Fungsi kabel DVI dengan VGA secara umum adalah sama yang membedakan keduanya adalah teknologi konektor DVI lebih baik jika dibandingkan dengan kabel VGA, dari segi harga tentu saja kabel DVI lebih mahal dibanding kabel VGA.

3# Kabel HDMI

High-Defenition Multimedia Interface atau disingkat HDMI merupakan kabel konektor yang banyak digunkan pada HDTV, Blue-ray player, Apple TV, komputer dan video card baru. Kabel HDMI sangat mudah dipasang karena ukurannya yang lebih kecil. Kabel-kabel HDMI dapat menstream digital video dan audio secara bersamaan lewat kabel yang sama. Berikut gambar kabel HDMI.

Kelebihan dari kabel HDMI adalah kemampuannya dalam mensupport sampai 1920A~1200 HD video dan 8 chanel audio. Juga dapat mensupport enkripsi HDCP pada beberapa HD content terkini.
Demikianlah ulasan Fungsi Kabel VGA Dan Kabel HDMI Vs Kabel DVI Pada Komputer, seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras lainnya maka kabel sebagai media transmisi juga tak ketinggalan untuk selalu mengupgrade ke kualitas dan teknologi yang semakin baik.
Converter Kabel HDMI to VGA, Gunakan untuk menghubungkan komputer, laptop dan produk digital lain yang menggunakan out HDMI untuk dihubungkan ke monitor
Anda sedang mencari kabel untuk menghubungkan laptop atau perangkat digital dengan port hdmi ke layar monitor anda?
Sekarang kami hadirkan sebuah produk yang cocok untuk menghubungkan laptop atau peragkat digital anda yang menggunakan port hdmi seperti Playstation dan Media Player Model terbaru yang sudah menggunakan port hdmi untuk outputnya untuk di hubungkan ke monitor anda.
Sebuah Converter HDMI to VGA, dengan panjang kurang lebih 20 cm dengan input HDMI pin 19 (Hdmi dengan lebar 15mm), dan Output Port VGA Female (d-sub 15). Sudah ada tambahan port Audio.
Untuk penggunaan ke monitornya biasanya diperlukan juga kabel VGA dengan port male to male yang menghubungkan converter ke monitor. Hal ini dikarenakan kebanyakan monitor atau infocus menggunakan port VGa Female.

www.patartambunan.com
https://arekubl.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar